Berbagai Kebiasaan Membuat Metabolisme Tubuh Lambat


Semakin efektif proses metabolisme seseorang, idealnya tubuhnya terasa bugar. Sayangnya, ada beberapa kebiasaan yang justru memperlambat metabolisme tubuh. Padahal, kondisi ini bisa membuat seseorang kelebihan berat badan. Kebiasaan ini tentunya erat kaitannya dengan gaya hidup. Lihat saja, siapa tahu beberapa kebiasaan ini sering Anda lakukan tanpa disadari.

Kebiasaan yang Memperlambat Metabolisme Anda

Ada kebiasaan dan gaya hidup tertentu yang memperlambat proses metabolisme. Berikut daftarnya:

Defisit kalori

Keadaan defisit kalori atau kekurangan asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh alih-alih terbakar dapat menyebabkan metabolisme tubuh melambat.

Akibatnya, tingkat pembakaran kalori berkurang. Hal ini dapat terjadi jika seseorang mengkonsumsi kurang dari 1.000 kalori per hari.

Karena itu, jika Anda ingin membatasi asupan kalori untuk menurunkan berat badan, lakukan secara bertahap. Jangan melakukannya secara drastis atau terlalu lama.

Asupan Protein

Asupan protein sangat penting karena membantu meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar kalori. Jadi pastikan Anda mendapatkan cukup protein setiap hari.
Ada juga yang disebut efek termal protein. Ini merupakan peningkatan metabolisme yang ada di tubuh. Saat mengonsumsi protein, efek termis lebih besar daripada saat mengonsumsi karbohidrat atau lemak.

Kurangi bergerak

Tentu saja, kurang olahraga berpengaruh signifikan terhadap jumlah kalori yang terbakar per hari. Hal ini terutama berlaku untuk orang-orang yang duduk terlalu lama di tempat kerja atau menonton pesta lebih dari 3 jam sehari.

Ini tidak berarti bahwa ada kewajiban untuk berolahraga di luar setiap hari. Melakukan aktivitas fisik dasar seperti berjalan, naik turun tangga, dan bahkan membersihkan rumah dapat membantu membakar kalori. Istilah untuk jenis aktivitas ini adalah non-exercise activity thermogenesis (NEAT).

Kualitas tidur

Ternyata, kualitas tidur yang buruk juga bisa memperlambat metabolisme tubuh. Bahkan beberapa jam kurang tidur dapat mempengaruhi metabolisme Anda dan meningkatkan peluang Anda untuk menambah berat badan.

Ada penelitian yang membandingkan hal ini. Orang dewasa sehat yang tidur 4 jam sehari selama 5 hari berturut-turut mengalami penurunan metabolisme hingga 2,6%. Setelah 12 jam tidur tanpa gangguan, metabolismenya kembali normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *