Cara Menyimpan Sayuran Agar Lebih Tahan Lama


Ada kalanya kita membeli sayuran dan tidak langsung menggunakannya untuk memasak. Akhirnya beberapa hari berlalu dan tidak digunakan karena terlihat layu. Untuk menghindari hal seperti ini, kali ini saya akan membagikan cara agar sayur tetap segar lebih lama.

Pertanyaan apakah kita bisa menyimpan sayuran segar lebih lama bukan hanya pertanyaan tentang cara menyimpannya. Semuanya dimulai dari saat kita membeli sayuran dan tinggal bagaimana cara menyimpan atau mengolahnya.

Langkah – Langkah Menyimpang Sayuran

  • Beli Langsung Dari Pasar

Pergi ke pasar tradisional adalah hobi bagi saya, terutama jika saya bisa bangun lebih awal atau setidaknya saat matahari terbit. Sebagian besar petani saat ini mengirimkan sayuran segar yang baru dipetik langsung ke pedagang.

Atau, misalnya, jika Anda punya waktu minimal seminggu sekali, saya sarankan Anda menyempatkan diri untuk berbelanja langsung di pasar tradisional di pegunungan. Misalnya, ketika sedang pergi berlibur keluar kota, saya terkadang menyempatkan diri untuk berbelanja di pasar sekitar. Anda tidak hanya mendapatkan produk yang paling segar, tetapi tentunya juga lebih murah.

  • Jangan Terburu – Buru Saat Memilih

Bahkan koki terkadang meluangkan waktu untuk berbelanja sendiri dan dengan hati-hati memilih sayuran terbaik. Terkadang cara menyimpan kita meskipun kita sudah rapi dan menggunakan kulkas menjadi sia-sia jika kita tidak berhati-hati dari awal. Tahap ini juga merupakan kebiasaan kita untuk mengetahui ciri-ciri sayuran segar dan harganya.

  • menyimpan sayuran berdasarkan jenisnya

Simpan tomat, kentang, dan bawang bombay di tempat yang sejuk dan kering. Tempatkan sayuran segar atau rempah-rempah dalam kantong plastik tertutup rapat. Jangan lupa beri sedikit udara atau buat beberapa lubang agar sayuran bisa bernafas.

Beberapa sayuran, seperti wortel, selada atau brokoli, biasanya akan cepat layu sehabis dipetik. Setelah Anda membelinya, segera masukkan ke dalam kantong plastik berlubang dan letakkan di kompartemen sayuran di lemari es.

  • Pisahkan Sayur dan Buah

Ada beberapa buah yang menghasilkan gas etilen yang menyebabkan sayuran menjadi layu, ternoda atau lemas, atau hal-hal lain yang mempengaruhi kualitasnya. Contoh buah yang harus dipisahkan dari sayuran adalah alpukat, pisang, melon, mangga, pepaya atau pir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *