Anak Terkena Diabetes ? Lakukan Ini Untuk Merawatnya


Tidak seperti orang dewasa dengan diabetes tipe 1, anak-anak dengan ketidakseimbangan gula darah sebenarnya membutuhkan perawatan rutin. Oleh karena itu, sangat penting untuk memantau kadar gula darah pada anak yang diketahui mengidap diabetes tipe 1. Selain itu, ada juga beberapa hal yang perlu dilakukan terkait pengobatan, yaitu:

Periksa kesehatan atau kadar gula anak

Periksa kadar gula si kecil beberapa kali sehari, sebelum atau sesudah si kecil melakukan aktivitas seperti makan atau berolahraga. Hal ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh aktivitas atau makanan tertentu terhadap kadar gula darah si kecil.

Berikan anak-anak suntikan insulin secara teratur

Lakukan penyuntikan insulin ini dengan hati-hati dan jelaskan pada si kecil bahwa insulin yang disuntikkan tetap harus diberikan meski terkadang ia takut jarum suntik dan juga marah saat mendapat suntikan ini.

Konsumsi makanan dengan gizi seimbang

Biasakan si kecil mengonsumsi makanan seimbang dan utamakan berapa banyak dan jenis sumber karbohidrat apa yang harus dikonsumsi anak Anda.

Biasakan anak olahraga

Juga, biarkan si kecil berolahraga atau berolahraga secara teratur karena olahraga teratur dapat membantu tubuhnya menjaga kadar gula darah. Lakukan pemeriksaan secara rutin agar komplikasi penyakit ini dapat terdeteksi dan dicegah.

Perhatikan Kondisi Psikologis Anak Diabetes

Penting juga untuk memperhatikan kondisi psikologis anak. Karena banyak yang bertanya-tanya apakah seorang anak dengan diabetes tipe 1 dapat hidup normal seperti anak-anak lain seusianya? Adanya berbagai disabilitas yang dimiliki anak dapat sangat mempengaruhi psikologinya, sehingga memberikan perhatian lebih sangat penting. Dengan cara ini, anak juga dapat dengan nyaman menjalani proses pengobatan tanpa merasa terbebani.

Namun, hal ini harus didukung oleh semua pihak, orang tua, teman dan orang lain di sekitar anak. Bahkan jika anak menggunakan babysitter. Dukungan sekecil apa pun untuk anak dapat membuat anak lebih bersemangat dan akan sangat berarti baginya.

Intinya sebagai orang tua, harus selalu memperhatikan kesehatan anak Anda dengan mengatur pola makannya. Tidak ada lagi yang bisa mengontrol anak Anda kecuali orang tuanya sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *