Mengenal Teknik Dasar Dari Olahraga Tenis Lapangan


Tenis lapangan adalah olahraga di mana bola dimainkan dengan raket dan dimainkan di lapangan terbuka. Tenis umumnya dimainkan oleh dua orang, sendiri atau berpasangan.

Teknik dasar

Ada beberapa teknik dasar saat bermain tenis di lapangan, berikut penjelasannya:

Posisi siap

Posisi kepala lurus dengan mata menghadap ke depan. Pegangan raket dipegang dengan longgar di tangan kanan, diposisikan di depan sabuk. Untuk tangan kiri Anda, dukung leher raket dengan ibu jari Anda di atas leher raket, sementara jari telunjuk dan jari tengah Anda berada di bawahnya. Lutut sedikit ditekuk dengan kaki terpisah, sekitar dua lebar bahu, tubuh condong ke depan.

Latihan Forehand

Backswing forehand adalah vipot ke kanan dengan memutar bahu dan pinggul ke kanan dan kemudian memindahkan beban ke kaki kanan saat Anda berbelok atau melangkah ke kanan. Kemudian lepaskan tangan kiri Anda dari leher raket sambil mengayunkan raket kembali setinggi bahu dengan tangan kanan Anda. Kemudian gunakan tangan kiri untuk menjaga keseimbangan.

Forward forward swing, yaitu tangan kanan memegang raket dengan cara menurunkan raket sampai ke pinggang dengan ayunan melingkar dari atas ke bawah. Sedangkan menjaga keseimbangan diperlukan tangan kiri. Posisi kaki kiri juga di majukan ke depan sehingga agak menekuk. Kepala raket harus tetap tegak dan pegangan raket harus tertutup saat mengayunkan raket ke depan.

Berlatih backhand drive

Backhand drive, yaitu gerakan ke kiri dengan memutar pinggul dan bahu serentak ke kiri. Lalu berat badan Anda pindahkan ke kaki kanan saat Anda berbelok atau melangkah ke kiri. Kemudian ayunkan raket ke belakang dengan memutar bahu ke kiri sejauh mungkin.

Backhand forward swing dimana tangan kiri memegang raket dengan cara menurunkan raket sampai ke pinggang. Kemudian tangan kiri melepaskan leher raket saat mengayun ke permukaan atas dengan pegangan raket horizontal dan bilah vertikal. Gunakan tangan kiri Anda untuk menjaga keseimbangan. Posisi kaki kanan melangkah ke depan dengan lutut ditekuk sesuai kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *