Tips Menjaga Kesehatan Anak Pada Saat Musih Hujan


Musim hujan telah tiba. Di satu sisi, hal ini membawa kesenangan tersendiri karena udara sudah tidak terasa lagi. Tapi bukan berarti kita bisa lengah dan larut dalam kebahagiaan itu lho, Bunda.

Hal ini dikarenakan musim hujan memiliki beberapa potensi penyakit. Salah satunya adalah pilek. Jangan biarkan bayi Anda masuk angin. Jadi alih-alih membawa keberuntungan, saya menyesali kehadiran hujan.

Menurut penelitian, virus flu memang berkembang biak selama musim hujan. Jadi jika tidak mendesak, jangan biarkan si kecil nongkrong di udara musim dingin karena daya tahan tubuhnya belum sekuat orang dewasa. Dan biarkan dia bermain di tengah hujan. Semuanya demi kesehatan anak.

Berikut beberapa tips kesehatan untuk anak yang bisa Anda praktikkan saat musim hujan. Untuk menjauhkan mereka dari flu:

Makan buah dan sayur

Konsumsi kedua bahan ini secara signifikan akan meningkatkan sistem pertahanan tubuh. Dengan cara ini, flu dan pilek dapat dicegah selama musim hujan. Salah satu buah yang bisa Anda pilih adalah lemon atau jeruk. Kandungan vitamin C pada kedua buah ini dapat meningkatkan stamina.

Cukup tidur

Kurang tidur menyebabkan organ tubuh tidak berfungsi secara maksimal, salah satunya saat diperlukan untuk melindungi tubuh dari virus dan bakteri. Jadi biasakan untuk mendapatkan tidur yang teratur agar anak tetap sehat dan terhindar dari flu, terutama di musim hujan.

Jauhi orang flu

Jika ada anggota keluarga yang terkena flu, minta mereka untuk tidak mendekati bayinya, bahkan di ruangan yang sama. Hanya sebentar, sampai flunya sembuh.

Pelajari cara mencuci tangan dengan benar

Virus ini bisa menular melalui sentuhan fisik. Salah satu kontak yang paling umum adalah jabat tangan. Jadi, agar si kecil tidak tertular virus, ajari dia untuk rutin mencuci tangan.

Pilih pakaian yang tebal

Jika anak Anda terpaksa melakukan aktivitas di luar ruangan, pilihkan pakaian hangat untuknya. Ini agar mereka tidak kedinginan, sehingga kesehatan anak tetap terjaga.

Nah, itulah beberapa tips kesehatan musim hujan yang bisa Anda terapkan pada buah hati Anda. Semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *