Beginilah Tips Untuk Belanja Online Yang Pintar


Tren jual beli online semakin banyak dilakukan oleh masyarakat. Bahkan, segmennya kini tidak hanya kalangan atas, beberapa kalangan menengah ke bawah juga sudah mulai menjajaki jual beli online. Kemudahan bertindak cepat dengan memilih barang yang lebih memuaskan tanpa harus jauh-jauh ke toko menjadi alasan kuat mengapa banyak orang suka berbelanja online.

Sayangnya, tren belanja online yang meningkat ini masih belum diikuti dengan trik belanja yang cerdas dan aman. Tak heran beberapa orang masih mengalami kerugian saat melakukan transaksi belanja online. Nah, agar belanja online Anda lancar dan aman, simak tips berikut ini.

Gunakan kartu kredit

Memang, menggunakan kartu kredit bisa berbahaya karena dapat meningkatkan keinginan untuk berbelanja. Di sisi lain, penggunaan kartu kredit terbukti menjadi metode pembayaran yang tepat untuk transaksi online. Pasalnya, kartu kredit memiliki sistem perlindungan bank yang lebih kuat. Ini memperhitungkan fungsionalitas yang diperlukan untuk pemrosesan pembayaran. Sedangkan kartu debit biasanya digunakan untuk menarik uang dari ATM. Anda dapat menggunakan sistem pembayaran online yang terintegrasi dan aman seperti PayPal.

Jangan lupa untuk mengambil screenshot

Transaksi online sekarang tidak harus melihat layar laptop atau PC terlebih dahulu. Beberapa kemajuan teknologi sudah cukup untuk mendukung belanja online, jadi Anda hanya perlu menggeser jari di layar smartphone. Jangan lupa untuk screenshot setiap transaksi yang Anda lakukan. Ini adalah struk transaksi yang dapat Anda tunjukkan kapan saja tanpa harus mencetaknya.

Perhatikan keamanan telepon

Bisa dikatakan semua aktivitas online dilakukan dengan smartphone akhir-akhir ini. Update semua browser dan update secara berkala sebanyak antivirus agar tidak mengundang malware yang dapat merusak sistem smartphone dan mengganggu transaksi online Anda. Juga, jangan terlalu tergoda dengan promosi email karena bisa jadi itu adalah spam atau penipuan online lainnya.

Jangan gunakan Wi-Fi publik

Beberapa orang suka memanfaatkan WiFi gratis yang ditawarkan. Selain sebagai fasilitas umum, kecepatan internet terkadang lebih cepat dari paket data internet pribadi. Namun, jangan bertransaksi online melalui Wi-Fi terbuka. Tidak hanya mudah membawa malware, tetapi juga meningkatkan risiko peretasan kartu kredit di akun premium untuk transaksi perbankan Anda. Jadi, ayo belanja online cerdas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *