Berbagai Manfaat Serta Cara Melatih Kesabaran


Ketika rintangan hidup sepertinya tidak pernah hilang, Anda sudah kehabisan kesabaran. Untuk kembali ke sana, cobalah mencari cara untuk bersabar, seperti mulai mengubah perspektif Anda, atau berlatih teknik relaksasi pikiran dengan meditasi. Kesabaran bukan merupakan sesuatu yang suci. Kita harus melatihnya agar menjadi maksimal.

Cara melatih kesabaran

Ada beberapa cara melatih kesabaran di bawah ini untuk menenangkan hati Anda.

Santai

Tidak mudah untuk bersabar dengan karakter orang. Tak jarang, harapan kita tidak bisa terpenuhi, bahkan dalam hal sederhana. Hal ini dapat membuat kita tidak sabar dan cara termudah untuk menghadapinya adalah dengan tarik napas yang panjang.

Ini adalah salah satu cara termudah untuk bersantai. Anda hanya bernapas masuk dan keluar perlahan. Lakukan sirkuit ini selama tiga sampai empat detik dan jeda sebelum mengambil napas berikutnya.

Lihatlah masalah dari sudut yang berbeda

Ada kalanya kita menjadi insecure dengan orang lain. Misalnya saat melamar pekerjaan. Setelah menunggu lebih dari seminggu untuk mendengar kabar dari perusahaan, Anda mungkin menjadi tidak sabar untuk mengetahui hasil wawancara.

Namun, sebelum menyimpulkan bahwa perusahaan menolak Anda, lihatlah dari sudut yang berbeda. Panggilan tidak dapat diterima karena orang yang dipilih tidak berada di kota, atau karena banyaknya pelamar sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan panggilan.

Gali lebih dalam situasinya

Saat dihadapkan pada situasi yang memicu rasa takut dan cemas, Anda disarankan untuk menggali lebih dalam situasi tersebut. Misalnya, Anda mungkin merasa sangat kesal dan tidak sabar jika menunggu seseorang datang nanti.

Mengalihkan perasaan frustrasi

Saat Anda harus menghadiri rapat dan malah menunggu orang yang Anda undang, Anda bisa kesal. Mengeluh dan marah tentang situasi ini adalah manusiawi, tetapi itu tidak akan memperbaiki situasi.

Jadi, sembari menunggu, lebih baik alihkan perhatian dan waktu Anda untuk melakukan hal lain yang lebih bermanfaat. Balas email bisnis lain yang belum dijawab atau lanjutkan mengetik sambil menunggu. Dengan begitu, Anda telah mengubah tempat yang canggung menjadi tugas untuk memeriksa daftar tugas Anda untuk hari itu.

Melatih kesabaran juga baik untuk kesehatan

Kesabaran bukanlah sesuatu yang Anda lakukan untuk meringankan beban orang lain. Manfaat orang sabar tidak hanya dirasakan sementara, tetapi juga dalam jangka panjang. Mulailah perlahan-lahan mencoba melatih kesabaran. Karena pada awalnya bisa sangat melelahkan untuk melatih mereka semua sekaligus. Namun jika Anda mencobanya satu per satu, rasanya akan lebih ringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *