Memahami Jenis Gerakan Manipulatif Yang Dasar


Gerak dasar manusia dibagi menjadi tiga jenis, yaitu gerak lokomotor, gerak nonlokomotor, dan gerak manipulatif. Gerakan lokomotor adalah gerakan yang menggerakkan tubuh, seperti berjalan, berlari, dan bergerak. Sedangkan gerakan non lokomotor adalah gerakan dimana hanya satu bagian tubuh saja yang dapat bergerak seperti menarik dan mendorong. Jadi, bagaimana dengan gerakan manipulatif? Berikut penjelasan lebih lanjut untuk Anda.

Memahami gerakan manipulatif dasar

Jenis gerakan manipulatif

Secara umum ada beberapa jenis cara manipulatif, yaitu:

  • Menendang

Gerakan yang membutuhkan koordinasi dari mata dan kaki dimana dengan tendangan akan membuat suatu hal berpindah tempat. Contohnya seperti saat bermain bola

  • Melempar

Melempar merupakan suatu gerakan manipulatif dasar dimana satu atau bisa juga kedua tangan digunakan untuk melempar suatu benda ke tujuan yang ditargetkan.

  • Menangkap

Menangkap adalah salah satu gerakan manipulatif dasar dengan menggerakkan suatu benda dan biasanya mengendalikan benda tersebut dengan satu atau dua tangan.

  • Memukul

Pukulan adalah usaha suatu benda dari tubuh dengan menggunakan tangan atau menggunakan alat seperti roket atau tongkat. Contoh gerakan manipulatif dapat dilihat pada pemain tenis atau baseball.

Cara melatih gerakan manipulatif

Cara anak dapat melakukan berbagai gerakan manipulatif adalah dengan mengajaknya bermain sesering mungkin. Bermain game yang melibatkan kerjasama atau koordinasi antar bagian tubuh. Berikut beberapa jenis permainan yang bisa dilakukan untuk melatih keterampilan gerak manipulatif pada anak.

Latihan Melempar

Untuk latihan melempar, Anda dapat membuat permainan sederhana untuk anak-anak dengan langkah-langkah di bawah ini:

  • Area tersebut dibatasi dengan garis di tengahnya.
  • Instruksikan anak untuk berdiri beberapa kaki di belakang tali.
  • Minta anak untuk melempar benda tersebut dengan bola atau benda lain.
  • Objek harus melewati garis dan siapa pun yang bisa melempar terjauh menang.

Latihan Tendangan

Latihan menendang juga bisa dilakukan untuk melatih gerakan dasar manipulatif. Berikut cara mudahnya.

  • Tentukan titik untuk menempatkan bola, biasanya beberapa meter dari dinding.
  • Anak-anak dapat berlatih menendang bola dari titik yang sama berulang-ulang, bergantian dengan kaki kiri dan kanan.
  • Anda juga dapat mengikat tali pada ketinggian tertentu dan bermain dengan anak Anda dengan mencoba menendang bola di bawah tali atau dengan menendang tali ke atas.

Melatih gerakan-gerakan manipulatif penting bagi anak pada masa perkembangannya untuk dapat melakukan gerakan-gerakan tertentu, terutama pada saat olahraga. Jika menurut Anda anak Anda perlahan menguasai gerakan ini, temui spesialis perkembangan untuk mencari solusinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *