Cara Tepat Untuk Membuat Anak Ingin Tidur Siang


Ternyata lebih dari itu. Manfaatnya dari tidur siang anak dapat berkisar dari perilaku hingga prestasi akademik di sekolah. Melihat manfaat langsung tidur siang bagi anak pasti berkaitan dengan peningkatan mood hingga energi pulih kembali. Namun sayangnya masih banyak anak yang menolak dan memilih untuk terus bermain daripada tidur siang.

Tidur siang dan perilaku anak

Para ahli juga meneliti hubungan antara frekuensi tidur siang dan perilaku anak-anak. Penelitian dilakukan secara ekstensif dengan menggunakan catatan dari guru yang mengamati apakah ada perubahan sikap siswa.

Hasilnya, manfaat tidur siang untuk anak dan tetap tidur. Apalagi ketika anak berhadapan dengan aktivitas kognitif sehari-hari.
Semakin sering anak-anak tidur siang di siang hari, semakin positif perilaku mereka. Contohnya adalah anak yang mengingat lebih baik berkat kebiasaan tidur siang secara teratur.

Bagaimana Anda membiarkan anak Anda tidur siang?

Manfaat tidur siang sangat banyak, mulai dari dampaknya bagi kesehatan hingga perilaku anak. Namun tidak semua orang tua dapat dengan mudah menyuruh anaknya untuk tidur.

Anak-anak pasti lebih tertarik menghabiskan waktu dengan hal-hal yang lebih menarik dan melengkapi rasa ingin tahunya. Untuk itu, berikut beberapa tips yang bisa Anda coba:

Bangun Minat Anak

Anak-anak dapat mengingat bahkan gerakan terkecil. Misalnya, waktu untuk membaca buku dengan orang tua Anda dan pijatan punggung yang lembut berarti sudah waktunya tidur. Bangun suasana hati yang sama di siang hari sehingga anak menangkap sinyal untuk tidur siang. Lakukan sebanyak mungkin di tempat yang sama pada waktu yang sama.

Kenali Sinyal Ngantuk Anak Anda

Jika anak Anda menguap atau mulai menggosok matanya, itu bisa menjadi sinyal bahwa ia merasa mengantuk. Sebelum anak diganggu oleh sesuatu yang menarik, sebaiknya segera bawa ke tempat yang sejuk, tidak terlalu terang dan tidak terlalu besar.

Tidur Siang Tidak Butuh Lama

Tidak perlu memaksakan tidur siang yang lama. Sekitar 30-60 menit sudah cukup untuk memastikan mereka memiliki tidur siang yang berkualitas. Selain itu, tidur siang yang terlalu lama dapat membuat anak sulit tidur di malam hari. Dengan berbagai manfaat tidur siang bagi anak, tak ada salahnya mengajak mereka untuk membangun rutinitas ini. Meski singkat, tidur siang ternyata memiliki banyak efek positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *