Kandungan Pada Buah Kiwi Sangat Baik Bagi Tubuh Kita


Kiwi sebenarnya adalah buah yang mirip dengan beri namun lebih besar. Buah ini berasal dari jenis tumbuhan merambat dari genus Actinidia. Kiwi berasal dari Cina, tetapi banyak ditanam di Selandia Baru. Bentuknya lonjong dan seukuran telur ayam. Kulitnya berwarna coklat kehijauan, berserat dan ditumbuhi bulu-bulu halus.

Kiwi memiliki rasa asam dan kuat, menjadikannya topping yang bagus untuk salad atau yogurt untuk sarapan dan makanan ringan. Kiwi mengandung beberapa vitamin dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Simak manfaat dan nutrisi buah kiwi berikut ini.

Beberapa Manfaat Dari Buah Kiwi

Manfaat buah kiwi bisa Anda dapatkan dengan cara langsung memakannya, membuat smoothies, menjadikannya sebagai topping yogurt atau es krim. Selain menjadi sumber serat dan vitamin C yang baik, kiwi juga kaya akan antioksidan.

Karena nilai gizinya yang bervariasi, buah kiwi baik untuk dikonsumsi oleh semua orang, termasuk ibu hamil. Apa saja manfaat buah kiwi untuk tubuh? Berikut adalah alasan untuk memasukkan kiwi ke dalam diet harian Anda.

Membantu Mencegah Risiko Anemia

Kiwi sendiri sebenarnya bukan sumber zat besi yang tinggi. Namun, salah satu “jagoan” buah kiwi adalah vitamin C. Nah, asam askorbat atau vitamin C berperan dalam memaksimalkan penyerapan zat besi dari makanan dan mencegah kekurangan nutrisi tersebut.

Mineral besi diperlukan tubuh untuk memproduksi sel darah merah, sehingga kekurangannya meningkatkan risiko anemia. Jadi secara tidak langsung, mengonsumsi kiwi dapat membantu Anda terhindar dari risiko anemia.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Buah kiwi juga dipercaya dapat merangsang pertumbuhan mikroorganisme baik dalam sistem pencernaan, yaitu lactobacilli dan bifidobacteria. Kiwi juga mengandung enzim proteolitik, yaitu actinidin, yang membantu memecah protein dalam sistem pencernaan.

Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Manfaat buah kiwi yang satu ini erat kaitannya dengan kandungan vitamin C di dalamnya. Vitamin C diketahui mengandung antioksidan yang dapat memutus rantai radikal bebas dan melawan kerusakan yang ditimbulkannya.

Asam askorbat juga merupakan nutrisi penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit, termasuk flu. Sekitar 180 gram kiwi dapat memenuhi kebutuhan vitamin C Anda dalam sehari.

Menurunkan Tekanan Darah

Penelitian menemukan bahwa senyawa bioaktif dalam 3 buah kiwi dapat membantu menurunkan tekanan darah. Artinya, orang yang sering konsumsi kiwi, akan terhindar dari penyakit yang menyerang jantung.

Kiwi juga mengandung potasium, yang dikenal karena kemampuannya menjaga fungsi dan kesehatan jantung. Mineral potasium membantu mengendurkan pembuluh darah sehingga sirkulasi menjadi lebih lancar dan tekanan darah stabil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *