Ini Penyebab Dari Badan Bisa Merasa Menggigil Saat Dingin


Kali ini saya ingin membahas tentang masalah tubuh manusia. Pernahkah Anda mengalami cuaca dingin terutama saat cuaca musim dingin ditambah hujan lebat. Tubuh pasti akan banyak menggigil. Tahukah Anda mengapa tubuh kita bergetar dalam cuaca dingin?

Inilah Alasan Badan Bisa Menggigil Saat di Cuaca Dingin

Yuk simak penjelasannya di artikel berikut ini:

Suhu yang terlalu rendah atau terlalu tinggi tidak dapat ditoleransi atau diterima oleh tubuh manusia. Jika seseorang tidak mengenakan pakaian yang cukup tebal dan berada di luar ruangan dengan suhu udara di bawah minus 29 derajat, dia pasti akan membeku dan mati, ini karena tubuhnya kehilangan panas.

Jika suhu udara lebih rendah dari suhu tubuh, maka panas akan mengalir keluar dari tubuh kita, karena suhu tubuh normal adalah 37 derajat. Padahal, tubuh membutuhkan suhu udara yang sedang (berkisar antara 15-20 derajat) karena tubuh kita menghasilkan lebih banyak panas dari yang kita butuhkan dan harus dikeluarkan sebagian.

Ada kondisi yang sering kita kenal dengan istilah hipotermia/hipotermia, yaitu kondisi dimana suhu udara sangat rendah sehingga tubuh mengeluarkan terlalu banyak panas sehingga menyebabkan suhu tubuh turun.

Penurunan panas tubuh (bervariasi antara 1-2 derajat) dapat menyebabkan tubuh bergetar. Ini adalah salah satu upaya tubuh kita untuk menaikkan suhu tubuh melalui gerakan otot sendi. Lebih buruk lagi, penurunan suhu yang lebih drastis dapat menyebabkan hilangnya kesadaran dan bahkan kematian.

Kemudian kebalikan dari hipotermia adalah hipertermia atau hyperthermia, yaitu suatu kondisi dimana suhu udara luar dan faktor internal naik, seperti seseorang yang sedang demam.

Cara Mengurangi Perasaan Dingin di Tubuh

Bagi Anda yang ingin mengurangi perasaan dingin di tubuh saat cuaca dingin, bisa konsumsi makanan yang hangat di tubuh. Seperti konsumsi minuman jahe atau pun makan – makanan yang panas seperti dsging merah, seafood dan lainnya. Namun, jangan konsumsi terlalu banyak ya, karena bisa membahayakan kesehatan Anda juga loh

Sekian artikel yang bisa kami bagikan tentang kenapa tubuh kita bergetar saat kedinginan. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita semua. Yuk simak artikel lainnya yang tersedia di situs kami ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *